Timun Suri

IMG_20150618_170025Timun suri bisa dibilang merupakan timun yang populer daripada jenis timun lainnya karena buah ini mempunyai banyak manfaat. Buah yang bernama latin Curcumis Lativus ini banyak dibudidayakan juga untuk diolah menjadi kosmetik. Ciri fisik timun suri itu buahnya berbentuk lonjong, warna kuning.

 

Timun suri sebenarnya bukan seperti mentimun pada umumnya, karen buah ini berasal dari anggota suku labu-labuan meski tampilannya menyerupai timun. Ketika telah matang, tekstur timun suri mudah rusak jadi biasanya dipanen sebelum memasuki matang. Timun suri merupakan buah yang mempunyai kadar airĀ  cukup tinggi sehingga terasa segar ketika dikonsumsi dan bisa dijadikan pelepas dahaga. Dibalik istimewanya timun suri, ternyata ia juga mengandung banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dan berikut
6 manfaat timun suri bagi kesehatan,

1. Bisa mencegah flu
Manfaat buah timun suri pertama adalah bisa mencegah flu dan infeksi. Karena ia mengandung vitamin C sehingga dapat menangkal serangan virus penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Glukosa dan fluktosa baik bagi tubuh
Kandungan glukosa dan fruktosa adalah gula alami. Gula alami semacam itu sangat mudah larut dalam tubuh. Glukosa dan fluktosa di timun suri memacu tubuh mendapatkan tambahan energi.

3. Kaya vitamin A dan antioksidan
Timun suri sangat kaya kandungan Vitamin A nya yang bagus bagi kesehatan mata. Selain itu timun suri mengandung antioksidan tinggi yang berkhasiat sebahai penangkal penuaan dini.

4. Anti kanker
Senyawa saponin yang dimiliki timun suri bisa mencegah sakit kanker. Bahkan timun suri bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Dengan ini menjadikan timun suri sangat baik dikonsumsi orang yang sedang melakukan program diet.

5. Menangkal racun dalam tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kadar air dalam timun suri sangat tinggi, maka itu bisa memperlancar proses buang air. Dengan kata lain timun suri membantu detoksifikasi dan membuang racun dari dalam tubuh kita.

6. Mengandung asam linoleat
Asam linoleat pada timun suri mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Demikian 6 manfaat timun suri bagi kesehatan, semoga informasi yang disajikan barusan bisa menambah pengetahuan seputar buah kesehatan. [http://tipsunik-kesehatan.blogspot.com]

Tulisan ini dipublikasikan di feature, Kuliner, Mudik, Pertanian, Tips, Wisata dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *